.1. Internet
a. Pengertian
Internet
Secara harfiah, Internet (kependekan dari
interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer
yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I'
besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan
TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication
protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara
menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. (Wikipedia)
Penjelasan lain tentang Internet
yaitu berasal dari kata International Networking, yang maksudnya
adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian membentuk
jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional),
yang saling berinteraksi dan juga saling bertukar informasi.
Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
b.
Sejarah
Internet
Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi
C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan
global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian
mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang
berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian
tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data
atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih
dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih
Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald
Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan
(MIT) dan UCLA Research Programs.
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang
baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan
Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide
untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari
MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET.
Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los
Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29
Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang
bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara
sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada
teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang
tersambung menjadi 213.
Selain
jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga
mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP.
Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis
peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat
berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan
mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu
melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling
tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.
Kumpulan
tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer
dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana,
komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan
komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini
mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian
hari kita kenal sebagai “Internet”.
Selain
protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan
Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information
Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang
yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen
Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata
cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober
1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada
tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International
Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia.
Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and
Numbers (ICANN).
Komersialisasi
dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat
dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet
mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam
budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan
e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.
2.
Perangkat
Keras Internet
1. Komputer
Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer)
atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet adalah :
- Processor Pentium III 500
Mhz
- Ram 64 MB
- VGA Card 4 MB
- Sound Card dan Speaker
- CD ROM
- Harddisk 10 GB
- Monitor CRT SVGA
2. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator
DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam
sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator
adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan)
dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima
dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah
alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah
umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT,
Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal
sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital
diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem
menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke
sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog
tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon
dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog
tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Jenis-jenis modem berdasarkan beberapa kategori
:
A. Berdasarkan letak di CPU Komputer
1. Modem eksternal
Modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC
dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya.
2. Modem internal.
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang
tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk
melakukan download adalah 56 Kbps.
B. Berdasarkan cara koneksi dengan ISP
1. Modem wireline atau
wired adalah
Modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP
2. Modem wireless adalah
Modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik) untuk berkoneksi
dengan ISP
C. Berdasarkan ISP yang digunakan
1. Modem ADSL (Asymmetric
Digital Subscriber Line)
2. Modem DSL (Digital
Subscriber Line)
3. Modem CDMA (Code
division multiple access)
4. Modem GSM (Global
System for Mobile Communication)
5. Modem Dial Up
3. Saluran Telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras
yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet.
Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain
saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan
menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV
kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
Perangkat Keras Pendukung
Selain ketiga
perangkat utama di atas (computer, modem, saluran telpon) terdapat juga
beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:
1. Hub / Switch
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer
yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT
atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.
Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya)
adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung
segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Switch jaringan dapat digunakan sebagai
penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga
bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge,
tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port
bridge.
2. Repeater
Repeater adalah Repeater merupakan perangkat
yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut
dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi
untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .
3. Bridge
Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan
untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga
dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda,
seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel
serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya
antara Token Ring dan Ethernet.
4. Router
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua
atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan
lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa
alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi
perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router
merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang
memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch
menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP
sendiri pada sebuah LAN.
Cara kerja router mirip dengan bridge jaringan,
yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi
jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan
tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan),
dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti
halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua
pada model OSI (lapisan data-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang
digunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.
Lalu, kapan penggunaan bridge jaringan dilakukan
dan kapan penggunakan router dilakukan? Bridge, sebaiknya digunakan untuk
menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang
sama (sebagai contoh: segmen jaringan berbasis IP dengan segmen jaringan IP
lainnya). Selain itu, bridge juga dapat digunakan ketika di dalam jaringan
terdapat protokol-protokol yang tidak bisa melakukan routing, seperti halnya
NetBEUI. Sementara itu, router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan
segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang berebeda
(seperti halnya untuk menghubungkan segmen jaringan IP dengan segmen jaringan
IPX.) Secara umum, router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge jaringan dan
dapat meningkatkan bandwidth jaringan, mengingat router tidak meneruskan paket
broadcast ke jaringan yang dituju. Dan, penggunaan router yang paling sering
dilakukan adalah ketika kita hendak menghubungkan jaringan kita ke internet.
Web
Browser
Merupakan
perangkat lunak yang mampu membantu pengguna dalam mengakses dokumen HTML.
Contoh
web browser: internet explorer, Mozilla firefox, opera, google chrome, netscape
navigator.
Web:
sebuah system dimana informasi akan dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat
diakses melalui perangkat lunak browser
Fungsi
web browser:
そ Untuk melacak dan
menampilkan sebuah informasi
そ Untuk
berinteraksi dengan server melalui sistem berbasisi server
そ Untuk menampilkan
dokumen yang disimpa secara elektronik
そ Untuk download
dan upload informasi
そ Mengirim dan
menerima email
Aplikasi
tambahan/pelengkap web browser/ complimentary application/ plug in
Fungsi
plug in: meningkatkan kemampuan web browser
Contoh
plug in:
の Flash player:
aplikasi untuk menjalankan file animasi pada halaman web yang dibuat
menggunakan program macromedia flash
の Real player:
aplikasi untuk mendukung pemutaran streaming audio/video dimana file yang
diputar bukan untuk disimpan di computer tetapi diputar pada halaman web.
の Shockwave player:
software untuk menjalankan web yang dibuat dengan program macromedia shockwave.
の Acrobat reader:
aplikasi untuk membuka file yang berformat pdf
の Quick time:
mendukung pemutaran streaming audio/video dengan format 3gp dan rm
1. Internet explorer
Keluaran
mocrosoft corporation
Kelebihan:
ス Menyediakan
fasilitas add ons
ス Internet explorer
versi 8.0 tampilannya lebih menarik
ス Sudah
terintegrasi dengan windows lives
ス Didukung
tekhnologi web slices
Kekurangan:
ホ Proses loadingnya
lebih lambat dari pada browser lain
ホ Berat saat awal
star dan membuka tab baru
ホ Sistem keamanan
lemah
ホ Sering mengalami
kegagalan dalam membaca scrip
2. Mozilla firefox
Buatan
Mozilla corporation. Salah satu web browser open source yang dibangun oleh
gecko layout engine
Kelebihan:
♥
Banyak fitur tambahan add ons
♥
Proses update mudah, dapat didownload secara gratis
♥
System keamanan yang sangat baik
♥
Memiliki download manager sendiri
♥
Proses download file youtube mudah
Kelemahan:
♡
Loading lama karena banyaka add ons yang terinstal
♡
Mudah terserang virus Trojan
3. Opera
dikembangkan
oleh opera software company
kelebihan:
Ø Aman dalam penggunaan
Ø Bebas pop up
Ø Dapat diinstal di handphone sehingga menjadi web
browser favorit
Ø Proses pemanggilan data yang pernah diakses cepat
Ø Memiliki email client
Kelemahan:
ℕ
Loading agak lambat dalam membaca script
ℕ
Harus mendownload dulu file masternya
ℕ
Tidak memilki add ons
4. Google chrome
Dirilis
2 September 2008
Kelebihan:
☃ Kemampuan bwsing lebih cepat
☃ Dapat membookmark semua situs
yag pernah dibuka selain dari history
☃ Browser address sekaligus
sebagai search engine
☃ Thema dapat dipilih sesuai
selera
☃ Didukung flash dan jaa
☃ Penggunaan memori tab yabg
terpisah
Kekurangan:
☃ Menggunakan versi
beta
☃ System keamanan
belum maksimal
☃ Penggunaan masih
terbatas pada windows xp dan vista
☃ Semakin banyak
tab yang dibuka butuh banyak memori untuk browsingnya.
Search
engine/mesin pencari
Merupakan
website yang mampu mengindeks berbagai alamat web yang ada di dunia maya.
Tujuan:
memudahkan seseorang dalam mencari sesuatu di internet
Dengan
mengetikkan kata kunci yang akan dicari pada kotak pencarian, kemudian klik
search akan muncul link.
Sistem
kerja search engine: mengumpulkan data dari web, kemudian menmapilkan hasil
temuan berdasarkan indeks.
Fasilitas
untuk melakukan pencarian:
☂ Pencarian teks
☂ Pencarian gamabar
☂ Pencarian file
Situs
sebagai fasilitas search engine:
tipe
penyimpanan file:
そ Web page complete
(*.htm;*.html) = menyimpan halaman web secara lengkap
そ Web archive
(*.mht) = penyimpanan secara lengkap dalam satu kesatuan file
そ Web page
(*.htm;.html)= menyimpan file html saja
そ Text file (*.txt)
Email
Sarana
untuk mengirim dan menerima surat elektronik melalui internet.
1.
Email berbasis web
Pengguna
tidak perlu menggunakan account POP/pos office protocol, email dilakukan
melalui web dengan menggunakan browser di internet.
Layanan
email gratis: mailyahoo.com gmail.com hotmail.
Keunggulan:
‡
Dapat diakses dimana saja
‡
Digunakan secara gratis/berbayar
‡
Dibaca secara online/offline
Kekurangan;
ÿ
Memerlukan web browser
ÿ
Harus diakses melalui web
ÿ
Kapasitas penyimpanan terbatas
2.
SMTP/POP(simple mail transfer protocol): computer server yang dapat mengirim
email dari pengguna ke alamat yang dituju.
Pemakai
harus punya account deserver SMTP/POP.
Software
mail client:
·
Ms outlook
·
Ms outlook express
·
Pegasus
·
Netscape communicator
Kelebihan:
¦
Tidak memerlukan web browser
¦
Dapat dibaca saat offline
¦
Ruang penyimpanan yidak terbatas
Kekurangan:
b
hanya diakses menggunakan outlook
b
Hanya dapat diakses menggunakan komputer tertentu
b
Harus memilik account
Manfaat
email:
☃ Efektif untuk surat menyurat
☃ Efisien untuk mengirim
dokumen dalam jumlah banyak
☃ Fleksibel
☃ Ajang diskusi
☃ Tanda identitas di internet
☃ Media untuk berlangganan
informasi tertentu
Kelebihan
email:
☂ Mudah, hanya
dengan mengetikkan alamat
☂ Cepat
☂ Murah
☂ Multipe
send,dapat dikirim ke beberapa orang sekaligus
☂ Dapat melampirkan
file
Kekurangan
email:
〠 Komputer harus
dalam posisi online
〠 Lampiran hanya
berujud teks dan gambar
〠 Sarana penyebaran
virus
〠 Harus mengingat
user name dan password
To:kotak
isisan untuk alamat yang dituju
Cc:untuk
menuliskan alamat email lain yang akan dikirimi email yang sama
Bcc:tempat
menuliskan alamat, dengan pengirim dirahasiakan
Subject:judul
email
Program
aplikasi email manager: ms outlook, ms outlook ekpress, mozilla thunderbird,
eudora.
Spam
email:email dari orang yang tidak dikenal yang bersifat merugikan
Adware
& spyware: iklan secara tiba-tiba
Phising:email
spam yang bertujuan memancing pengguna (penipuan)
Worn:
program yang dapat menggandakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar